5 JURUS AMAN DALAM KEUANGAN

Terinspirasi dari salah satu kegundahan kawan Facebook saya yang menuliskan

Klo beli rumah secara kpr itu riba?lalu klo gak nyicil saya gak bisa punya rumah dong😢😢😢😢”


Kemudian kolom commentnya langsung ramai terisi termasuk tulisan comment panjang kali lebar dari saya yang intinya harus bersabar saja dulu dengan cara menabung, mencari usaha lain agar ada pemasukan tambahan diluar pekerjaan utama dan melakukan perencanaan dengan matang. And you know what? Semua yang comment emak – emak semua, hanya saya yang laki – laki behahahaha… Kemudian ada salah satu dari kawan facebooknya yang mencoba berbincang ringan dengan saya tentang perencanaan keuangan. Darisitulah inspirasi tulisan ini berasal, ditambah pengetahuan yang saya dapat coach pak Tung. Yah tulisan ini semoga cocok dan bermanfaat buat perencanaan keuangan kalian.

Jurus Aman Dalam Keuangan :

A. Aset Alokasi
Ada dua aliran dalam investasi :
  1. Robert T. Kiyosaki, bahwa investasi harus berfokus pada satu tempat saja. Jangan dipecah ke banyak bidang sehingga tidak fokus.
  2. Anthony Robbins, bahwa investasi harus masuk ke beberapa tempat dan dipengaruhi oleh namanya kebiasaan serta disiplin.

HARUS PUNYA KEBIASAAN. Langkah penting dalam kehidupan keuangan.

  1. Kebanyakan masyarakat Indonesia menggunakan pola pikir SISA. Pola pikir ini dilakukan oleh mereka apabila terima uang langsung habiskan untuk kebutuhan, apabila ada sisa baru ditabung atau dialihkan untuk investasi. Yah namanya juga dihabiskan pasti gak pernah ada sisa.
  2. Sedikit masyarakat Indonesia yang menggunakan pola pikir SISIH, kebanyakan dari mereka adalah pengguna otak kanan dan orang sukses nasional bahkan internasional. Pola pikir ini dilakukan oleh mereka apabila menerima uang langsung disisihkan untuk tabungan sebagian untuk investasi kemudian selisihnya digunakan untuk kebutuhan. Cukup gak cukup harus cukup, makanya ada kalimat mengatakan “BERGAYALAH SESUAI ISI DOMPETMU”.



Keputusan yang paling penting dalam kehidupan keuangan kita adalah memutuskan untuk membuat tabungan perencanaan jangka panjang dan investasi serta menjadi pebisnis. Apapun profesi anda, lakukan hal itu!

Berinvestasilah ke banyak jenis, berbeda tingkatan dari rendah sampai tinggi, banyak tempat lokasi dan beda waktu.

B. Banyak Sumber Pemasukan / Pendapatan / Income
“Bukalah pintu rejeki-Ku sebanyak – banyaknya, 9 dari 10 pintu rejeki adalah berniaga”. Maka dari itu janganlah hanya mengandalkan gaji kantor saja, janganlah mengandalkan dari satu pekerjaan saja dan janganlah mengandalkan hanya dari satu bisnis saja. Perbanyaklah bisnis, perbanyaklah tabungan dan investasi karena itulah kita harus menjadi MOESLIMPRENEUR. Karena menjadi muslim sukses adalah keharusan.

C. Banyakin Pasif Income
Coba pikir bagi anda yang mengandalkan pasif income dari kos – kosan mahasiswa. Pernah gak mikir kalau suatu saat kampus sudah gak ada, bagaimana? Yang mengandalkan pasif income dari usaha fotocopy yang dijalankan orang lain. Pernah mikir gak kalau suatu saat sekolah udah gak ada, gimana? Dalam waktu cepat maka usaha atau pemasukan pasif income anda akan sepi.

D. Asuransi
Ini adalah salah satu yang wajib dimiliki. Asuransi Kesehatan akan membantu menopang biaya tindakan kesehatan yang besar sehingga meringankan beban financial kita apabila terjadi resiko hidup dan kalau sakit sakitan dalam waktu yang lama sehingga tidak dapat bekerja. Itu akan menjadi beban dan menderita. Asuransi Jiwa penting ketika kita punya banyak hutang. Kalau meninggal, maka hutang – hutang akan diwariskan ke anak – anaknya. Jangan ninggalin hutang ke anak – anak, hutang harus segera lunas sebelum meninggal maka itulah gunanya Asuransi Jiwa. Sungguh tidak adil saat kita membangun aset alokasi, income dan pasif income terjadi kemalangan alias resiko hidup atau jatuh sakit itu semua bisa hilang. Maka dari itu harus berkonsultasi dengan perusahaan asuransi dan jika kalian sudah memilikinya saya sarankan setahun sekali kita harus bertemu dengan agen asuransi kita agar kita ingat manfaat asuransi yang kita dapatkan (polis review). Oh ya konsultasi juga mengenai kenaikan biaya faskes, karena tiap tahun biaya berobat pasti naik karena inflasi.

E. Berpikir Terbuka, Jangan Berhenti Belajar dan Praktek
Semua berubah. Waktu berubah, uang berubah. Kita harus terbuka, belajar dan praketek. Karena apa yang anda hasilkan hari ini belum tentu menghasilkan dimasa depan.

Mari berkonsultasi dengan saya
Arief Hidayatullah, SH, MH
Financial Consultant Shari’a
081280155666
Follow Instagram
Konsultasi via whatsapp : klik
Follow dan Like Fanspage untuk mendapatkan informasi, tulisan dan penawaran investasi menarik.

Berinteraksi Disini

%d blogger menyukai ini: