Apakah Anda berada di jalan menuju kebebasan finansial atau apakah Anda perlu merubah haluan? Anda mungkin telah menjalani pemeriksaan rutin fisik tahunan dan telah membawa mobil Anda untuk layanan check up yang dijadwalkan tahun ini, tetapi bagaimana dengan pemeriksaan keuangan tahunan Anda?

Jasa Pemeriksaan Keuangan Arief Financial Consultant

jasa-pemeriksaan-keuangan-hidayatullah-page-2-compressor

Jika Anda melakukan perjalanan panjang, Anda akan berhenti sesekali dan melihat peta untuk melihat apakah Anda menuju ke arah yang benar. Pemeriksaan keuangan tahunan juga memiliki tujuan yang sama. Ini adalah kesempatan untuk meninjau kembali bagaimana Anda telah menggunakan keuangan yang anda miliki, selama dua belas bulan terakhir dan pastikan Anda masih menuju ke arah yang benar.

Waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan keuangan tahunan Anda adalah sebelum akhir tahun, sehingga Anda dapat mengambil keuntungan dari strategi penghematan pajak. Akan tetapi jika Anda tidak dapat melakukannya selama musim liburan yang sibuk, rencanakan untuk melakukannya segera setelah tahun baru dimulai.

Mengidentifikasi Kembali Tujuan Anda

Langkah pertama dalam pemeriksaan keuangan Anda adalah mengevaluasi tujuan keuangan Anda. Sudahkah Anda membuat kemajuan tahun ini? Jika tidak, di mana letak kegagalan Anda? Bisakah Anda mencari tahu mengapa? Apakah tujuan Anda berubah sepanjang tahun? Jika demikian, perbaiki dan tuliskan. Sebutkan Tujuan Anda

Evaluasi Perubahan dalam Situasi Pribadi Anda

Sudahkah perubahan dalam situasi pribadi Anda terjadi pada tahun lalu atau apakah Anda mengantisipasi perubahan besar dalam waktu dekat? Pergantian pekerjaan, perceraian, menambah bayi ke keluarga Anda, pensiun, membeli rumah, menikah, atau pindah dapat mengubah penghasilan dan gaya hidup Anda secara signifikan. Anda mungkin perlu menyesuaikan anggaran Anda, pengeluaran Anda, tabungan Anda, dan investasi Anda. Memiliki waktu untuk merencanakan perubahan-perubahan ini di muka akan membuat transisi lebih lancar.

Lindungi Aset Anda

Mengevaluasi perlindungan aset Anda. Tinjau asuransi Primer seperti asuransi rumah, pendidikan & kesehatan. Dan juga asuransi lainnya seperti – asuransi mobil. Jangan lupa untuk melindungi aset terbesar yaitu, kemampuan anda mendapatkan penghasilan – dengan asuransi jiwa jangka panjang.

Persiapan Untuk Hal Tak Terduga

Tinjau surat wasiat Anda, dan masihkah relevan dengan keadaan sekarang. Membuat wasiat rencana untuk rumah Anda. Sudahkah ada perubahan yang memerlukan pembaruan?

Evaluasi Kinerja Investasi Anda

Hitung pengembalian setiap saham, obligasi, atau reksa dana Anda. Apakah Anda puas dengan kinerja mereka dibandingkan dengan pasar lainnya? Jika Anda tidak percaya investasi akan memulihkan kerugiannya, mungkin sudah waktunya untuk menjualnya.

Evaluasi Hutang Anda

Bagaimana Anda mengendalikan dan membayar hutang? Evaluasi Rasio Utang Terhadap Penghasilan Anda. Apakah utang kartu kredit Anda menurun tahun ini? Jika tidak, saatnya mencari tahu di mana kebocoran itu terjadi dan coba cari solusinya. Sulit untuk maju dan berinvestasi jika terlalu banyak pengeluaran dari penghasilan Anda untuk membayar bunga dari utang dan tagihan kartu kredit Anda.

Bagaimana tingkat bunga hipotek Anda? Haruskah Anda mempertimbangkan refinancing? Bahkan penurunan kecil dalam harga dapat membuat perbedaan besar dalam kehidupan hipotek Anda, tetapi Anda harus mempertimbangkan biaya penutupan untuk melihat apakah itu berharga.

Kurangi Pajak Penghasilan Anda

Ini adalah saat yang tepat untuk merencanakan pajak tahun depan. Apa yang dapat Anda lakukan untuk meminimalkannya? Jumlahkan semua potongan yang diizinkan dan lihat apakah Anda dapat merinci. Tinjau daftar potongan yang diizinkan dan pastikan Anda mengambil keuntungan dari apa pun yang memenuhi syarat untuk Anda.

Pertimbangkan pengurasan pemotongan menjadi satu tahun atau percepatan pemotongan dengan membayar item yang dapat mengurangi pajak lebih awal untuk membantu Anda mencapai ambang batas pengurangan. Misalnya, biaya pengobatan hanya dapat dikurangkan jika melebihi 7,5% dari penghasilan Anda. Jika Anda dekat, membayar tagihan ortodontia atau menjadwalkan operasi elektif sebelum akhir tahun dapat menghemat uang Anda dari pajak.

Tinjau Rencana Pensiun Anda

Bagaimana Anda merencanakan tentang dana pensiun Anda? Apakah Anda melakukan kontribusi maksimal untuk dana pensiun Anda? Ini adalah salah satu strategi pengurangan pajak terbaik yang tersedia.

Bagaimana kabar keuanganmu? Jika kesehatan keuangan Anda dalam kondisi baik, selamat! Jika tidak ada baiknya menggunakan jasa pemeriksa keuangan, ataupun konsultan keuangan profesional.

Hubungi Saya