Jika anda salah satu orang yang cemas akan hari tua anda, berarti anda adalah salah satu dari orang-orang yang cerdas. Mempersiapkan dan merencanakan pensiun dana hari tua akan sangat membantu anda kelak. Semakin awal Anda memulai perencanaan, semakin siap dan mantap Anda menghadapi hari tua pada saatnya tiba.

Perencanaan Pensiun Dana Hari Tua

Program-perencanaan-pensiun-dana-hari-tua-compressor

Penting untuk memikirkan berapa banyak uang yang Anda perlukan untuk pensiun dengan nyaman, apakah Anda akan bergantung pada penghasilan yang berkurang, dan apakah penghasilan itu akan mendukung gaya hidup yang Anda inginkan ketika masa pensiun.

Berapa Banyak Dana Pensiun yang Saya Butuhkan?

Sasaran dana pensiun Anda dan kebiasaan pengeluaran Anda akan membentuk dasar berapa banyak penghasilan yang akan Anda butuhkan, untuk memperoleh dana hari tua yang dibutuhkan. Berikut adalah beberapa pertanyaan perencanaan pensiun yang umum diajukan kepada diri sendiri (dan pasangan atau pasangan Anda, jika ada) adalah:

  • Berapa lama waktu perkiraan keuangan pensiun saya tanpa perencanaan dan dana pensiun tambahan?
  • Seperti apa masa pensiun yang saya inginkan?
  • Apa rencana pensiun pasangan atau istri/suami saya?
  • Apakah saya akan memutuskan tetap menyibukan diri (Bekerja / Wirausaha ) saat pensiun nanti?
  • Apakah saya berencana menikmati masa pensiun saya hanya berdiam di rumah? Atau berencana ada kegiatan pengisi masa pensiun?
  • Seperti apa kesehatan saya? Seperti apa kesehatan pasangan saya atau istri/suami saya?

Perencanaan Dana Pensiun

Arief Financial Consultant dapat membantu Anda membuat keputusan berdasarkan informasi tentang keuangan Anda. Anda dapat menghadiri seminar saya gratis di daerah Anda atau bisa menghubungi saya langsung untuk menanyakan perihal program yang saya tawarkan. Jika Anda perlu membicarakan hal-hal rumit & detil, anda dapat membuat janji untuk bertemu langsung dengan saya.

Dukungan dan Layanan untuk yang Lebih Tua

Jika Anda memenuhi persyaratan usia dan kelayakan, Program dana hari tua dapat membantu mendukung Anda mempersiapkan yang anda butuhkan. Berapa banyak yang bisa Anda peroleh tergantung pada penghasilan, aset, dan keadaan lainnya.

Untuk memperkirakan jumlah dana Pensiun yang mungkin Anda dapatkan, gunakan penaksir online dalam Pembayaran dan Pencari Layanan. Anda juga dapat membandingkan pembayaran lain yang mungkin bisa Anda dapatkan.