Bersikap Optimis ada bagusnya, namun sebaiknya kita tetap mempersiapkan segala sesuatu yang mungkin tidak kita harapkan nantinya. Memproteksi diri, Keluarga & Bisnis adalah sebuah kewajiban bagi seorang Pebisnis yang bijak, karena tiada yang dapat mengetahui, apa dan dimana hal-hal buruk bisa saja terjadi.

Proteksi Diri, Keluarga & Bisnis

proteksi-diri-keluarga-bisnis-compressor
Proteksi Diri, Keluarga & Bisnis

Tidak ada yang dapat menebak atau menduga nasib atau takdir pada diri anda, keluarga, bahkan bisnis yang kini anda tengah kembangkan. Kebijaksanaan anda adalah yang dapat menentukan kemana dan bagaimana keberlangsungan mereka kelak.

Hal-hal yang tidak diinginkan dapat saja terjadi seketika tanpa kita ketahui. Kematian anda, keselamatan keluarga, dan bisnis yang anda pegang. Kecelakaan, kebakaran, pencurian, bangkrut, dll. Apakah anda dapat memprediksi itu semua..?

Asuransi Jiwa & Kesehatan

Memproteksi diri dengan asuransi jiwa maupun kesehatan adalah langkah yang sangat pintar dan bijak. Saat anda memiliki kedua asuransi ini, anda telah melindungi atau memproteksi diri anda dan keluarga anda. Karena kita ketahui bahwa aset terbesar seorang manusia adalah Nyawanya.

Jika anda berperan penting dalam keluarga seperti menjadi seorang Kepala Keluarga, atau menjadi tulang punggung dari keluarga tersebut. Kehidupan anda / Nyawa anda adalah tumpuan hidup mereka. Mereka bergantung pada anda, istri, anak, ataupun orang tua yang sangat kita cintai.

Tatkala anda terkena penyakit dan biaya pengobatan yang sangatlah tinggi, asuransi kesehatan dapat membantu anda untuk melewatinya. Bahkan ketika anda tak mampu lagi membiayai hidup mereka karena anda meninggal, sakit, ataupun hal-hal tak terduga lainnya.

Salah satu bagian penting dalam perencanaan keuangan adalah proteksi, karena setiap manusia selalu menghadapi risiko. Namanya juga risiko, kita tidak tahu kapan datangnya. Oleh sebab itu manusia perlu mengurangi risiko dan mengelola risiko (atau bahasa kerennya risk management).

Uang Pertanggunan Dalam Asuransi

Asuransi termasuk bagian penting dan pondasi dalam keuangan seseorang, khususnya asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Kami menggaris bawahi asuransi jiwa karena, asset yang paling berharga dalam diri manusia adalah jiwa seseorang dan nilai ekonomisnya. Nilai ekonomis yang dimaksud adalah kemampuan seseorang untuk menghasilkan pendapatan atau pemasukan.

Ketika seseorang membeli asuransi jiwa, sebenarnya orang tersebut membeli uang pertanggungan dan manfaat asuransi jiwa lainnya. Uang pertanggungan adalah uang yang diberikan oleh perusahaan asuransi, jika terjadi klaim atas kematian nasabahnya. Kira-kira uang pertanggungan tersebut dapat digunakan untuk apa saja?

Berikut beberapa manfaat & kegunaan asuransi jiwa & kesehatan

  • Pembiayaan rumah sakit, atau bahkan biaya pemakaman.
  • Melunasi utang, agar tidak mewariskan utang kepada pasangan dan anak-anak.
  • Untuk pengganti penghasilan (income replacement). Setidaknya bisa hidup beberapa tahun dari uang asuransi.
  • Dapat juga digunakan sebagai uang pendidikan anak.
  • Ada juga yang digunakan untuk membiayai warisan. Misal uang asuransi jiwa digunakan untuk membayar biaya balik nama dan kepengurusan warisan.

Mengingat pentingnya fungsi asuransi jiwa, sebisa mungkin jika Anda sudah memiliki keluarga dan tanggungan, prioritaskan kebutuhan asuransi jiwa, dengan itu anda telah melindungi atau memproteksi diri anda dan keluarga dari hal-hal yang tak terduga.

Proteksi Bisnis Anda

Keberlangsungan hidup perusahaan / bisnis anda sangatlah penting, tidak hanya untuk anda dan juga keluarga, adapun juga karyawan-karyawati yang menggantungkan hidup mereka pada perusahaan / bisnis yang saat ini anda kelola.

Mengapa Kita Perlu Memproteksi Bisnis Kita?

Semua bisnis menghadapi banyak tantangan, apakah itu pesaing baru yang memasuki pasar, manajer bank tidak memberikan kredit yang cukup, atau peraturan baru dari pemerintah untuk bersaing dalam bisnis, yang bisa membuat bisnis kita kerepotan. Ketika kita membicarakan tentang UKM, sebagian besar akan menyadari bahwa karyawan tidak hanya aset terbesar perusahaan, tetapi juga area risiko terbesar bagi perusahaan. Karena itu sangat penting bagi perusahaan untuk mengidentifikasi risiko-risiko ini, dan mengambil langkah-langkah untuk menghapus atau mengurangi risiko tersebut. Dengan memproteksi aset kita pada perusahaan, kita telah melindungi diri kita, keluarga dan juga karyawan.

Menjalankan bsebuah perusahaan dapat terpengaruhi oleh kematian atau ketidakmampuan (cacat) pemilik, mitra atau tenaga ahli dalam perusahaan. Oleh karena itu sangat penting untuk menjalankan bisnis yang sedang berjalan dimana pemilik secara proaktif memikirkan dan merencanakan bagaimana hutang dan pengalihan kepemilikan saham akan ditangani melalui penggunaan yang sesuai dari pengaturan pembelian / penjualan, pendanaan pajak capital gain, bea materai dan yang terkait lainnya biaya.

Jika Anda adalah pemilik bisnis (perusahaan), pemegang saham, atau pembuat keputusan utama dalam suatu bisnis, tinjau kebutuhan Anda jika terjadi:

  • Kematian yang tidak terduga
  • Kecacatan (Ketidakmampuan bisnis / berkurang kemampuan menciptakan keuntungan)
  • Sakit parah

Adalah langkah yang bijak dan penting dalam memahami beberapa pendorong perubahan keuangan utama dalam bisnis. Ini melibatkan pemahaman tidak hanya pemilik bisnis, tetapi juga individu kunci (Staf Ahli seperti GM) dalam bisnis tanpa tahu siapa saja yang mungkin memberi dampak secara finansial pada perusahaan (bisnis).

Selain itu, di mana perusahaan memiliki pinjaman atau telah memberikan jaminan (seringkali bertentangan dengan nilai aset pribadi) maka memastikan aspek ini terlindungi jika terjadi tragedi adalah langkah penting. Maka dari itu penting untuk sebuah perusahaan bisnis untuk memiliki asuransi terkait bisnis yang mereka jalankan