Emas Bukan Untuk Investasi

emas-bukan-untuk-investasi

Assalamualaikum! Bismillah!

INVESTASI EMAS

Ada yang gak tau apa itu emas? Menurut pakde Wikipedia definisi emas adalah Emas adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Au (bahasa Latin: ‘aurum’) dan nomor atom 79. Sebuah logam transisi (trivalen dan univalen) yang lembek, mengkilap, kuning, berat, “malleable”, dan “ductile”.

Emas tidak bereaksi dengan zat kimia lainnya tetapi terserang oleh klorin, fluorin dan aqua regia. Logam ini banyak terdapat di nugget emas atau serbuk di bebatuan dan di deposit alluvial dan salah satu logam coinage. Kode ISOnya adalah XAU. Emas melebur dalam bentuk cair pada suhu sekitar 1000 derajat Celsius.

Ada yang aneh gak kenapa Headline Investasi Emas di atas saya coret. Karena emas bukan sarana investasi!

Arief Hidayaullah

“Rif tapikan kata orang2 emas itu bagus buat investasi!”

Santai2 mbak jadi gini… Yang namanya investasi itu ada penambahan nilai, sementara emas rata2 nilainya tetap kalaupun naik gak tinggi2 amat ya kalau turun gak jatuh2 amat. Kasian si Amat ya..

Stabil dong? Yup! Stabil!

“Rif boleh nanya lagi?”
Gak!… Hehehe.. Bercanda… Mau tanya apa?

“kalau simpen investasi dalam bentuk uang gimana? Deposito gitu?”

Jadi gini… Nilai uang tiap tahunnya itu cenderung turun tiap tahunnya. Itu yang banyak orang bilang adalah Inflasi. Jadi inflasi itu bisa 3% sampai 7% pertahunnya.

Contoh begini, kamu punya uang 100jt nih sekarang. Sepuluh tahun ke depan nilai 100jt itu turun 7% yang artinya 7jt. Berararti uang 100jt mu sepuluh tahun ke depan jadi 30jt.

Kalau kamu simpen dalam bentuk emas, nilainya stabil. Kamu punya emas senilai 100jt, disimpan sepuluh tahun kemudian nilainya akan sama pada saat kamu beli emas tersebut. Jadi… *drumsoundeffect

Emas itu bukan buat investasi, emas itu adalah sarana untuk menjaga hasil kerja kamu. Menjaga hasil jerih payah kamu.

Eh tapi jangan simpan dalam bentuk perhiasan loh ya, tapi simpanlah dalam bentuk logam mulia (LM) / batangan. Karena kalau dalam bentuk perhiasan, potongannya lumayan apalagi kalau ada cacat di emas atau aksesorisnya (contoh: mata zirconnya hilang dll).

Jangan pula ikut program nabung emas apalagi ada bunganya. Belilah dengan cara cash di hari itu juga.

Jadi ada beberapa sarana yang harus kamu ambil buat ngejaga hasil jerih payahmu.

  1. Emas
  2. Asuransi Syariah (mesti syariah loh! SYA.. RI.. AH..)
  3. Dll

Nanti akan saya jelaskan sarana sarana lainnya yah..

Berinteraksi Disini

%d blogger menyukai ini: