Assalam Mualaikum Wr. Wb.

program-perencanaan-pendidikan-anak

Perencanaan Pendidikan Anak

Pendidikan adalah kunci masa depan anak-anak Anda. Menyadari pentingnya masa depan anak-anak Anda adalah suatu kewajiban, dan juga sebuah investasi jangka panjang, dan hasilnya ditentukan oleh pendidikan terbaik yang Anda mampu anda tawarkan pada anak anda. Anak-anak anda adalah investasi terbaik yang tidak akan dapat pernah terbeli dengan uang. Izinkan saya Arief Hidayatullah untuk membantu Anda memetakan rencana fleksibel untuk dana pendidikan anak-anak Anda yang memenuhi semua kebutuhan Anda dan mereka melalui program Perencanaan Pendidikan Anak.

Pendidikan adalah investasi terbaik yang dapat Anda lakukan atas nama anak-anak Anda. Semakin tinggi pendidikan anak Anda, semakin besar kesuksesan yang akan dinikmati anak Anda dalam jangka panjang – tidak hanya finansial – tetapi juga untuk membentuk karakter dan pandangan dunia, meningkatkan peluang karier anak Anda, dan juga untuk memberi anak Anda peluang yang mungkin tidak Anda miliki, atau telah miliki.

Saat ini, pendidikan luar negeri menjadi lebih umum karena banyak keluarga Indonesia ingin mengirim anak-anak mereka ke luar negeri untuk pendidikan tinggi. Namun, pendidikan luar negeri juga cukup mahal, yang membutuhkan banyak orang tua untuk berkorban dan mengumpulkan dana yang diperlukan untuk biaya pendidikan anak-anak mereka.

Mulai Dari Mana Perencanaan Pendidikan Anak ?

Apa yang harus dipersiapkan untuk pendidikan anak-anak Anda?

Perencanaan awal pendidikan anak akan menghasilkan pemberian peluang terbaik bagi anak-anak Anda untuk mewujudkan impian mereka. Apakah Anda bingung bagaimana memulainya? Berikut beberapa Daftar periksa yang saya (Arief Financial Consultant) susun berdasarkan hasil riset dan pengalaman yang saya alami dan tawarkan pada client-client saya lainnya yang mungkin akan membantu Anda memahami prosesnya.

1. Menemukan sekolah yang tepat

  • Pahami harapan Anda. Apakah itu pendidikan di Indonesia atau di luar negeri, buatlah jelas tentang apa yang dapat Anda harapkan dari pendidikan anak Anda.
  • Melakukan riset pribadi. Cari informasi di internet, konsultasikan dengan penasihat karir anak Anda, atau konsultan pendidikan Anda bisa berkonsultasi kepada Konsultan Keuangan Syariah Arief. Ada banyak sumber daya di luar sana untuk menemukan berbagai program pendidikan yang tersedia secara lokal atau luar negeri.
  • Pertimbangkan paket pendidikan keseluruhaan. Pertimbangkan faktor-faktor eksternal untuk pendidikan yang dapat mempengaruhi kondisi anak-anak Anda, seperti iklim, budaya, suasana politik, dan biaya perjalanan ke lokasi studi yang diinginkan, dan bahkan untuk liburan di rumah.
  • Memahami biaya tak terduga. Jika Anda bermaksud mengirim anak Anda untuk belajar di luar negeri, pelajari biaya hidup setiap negara dan putuskan mana yang terbaik. Juga perlu diingat bahwa negara yang berbeda memiliki harapan yang berbeda tentang bagaimana biaya sekolah dibayarkan; uang tunai atau cicilan.

2. Mulailah mempersiapkan biaya pendidikan anak Anda

Setelah menentukan di mana anak Anda akan belajar dan berapa biaya umum yang harus Anda siapkan, langkah selanjutnya adalah menyiapkan keadaan dana tersebut sesegera mungkin seperti di bawah ini

  • Sadar diri & kenali batasan Anda Berapa lama Anda harus mempersiapkan dana pendidikan anak-anak Anda? Apakah anda sanggup memberikan pendidikan tersebut dengan pekerjaan yang sekarang anda geluti?
  • Kalkulasi biaya pendidikan anak-anak Anda. Setelah melakukan penelitian dan memutuskan sekolah mana yang akan dipilih, mintalah sekolah untuk panduan lengkap biaya kuliah. Perkirakan total biaya untuk tahun yang akan didaftarkan anak-anak Anda, atau konsultasikan dengan penasihat keuangan mengenai seberapa besar inflasi akan mempengaruhi angka tersebut
  • Pelajari setiap detail pengeluaran. Selain biaya kuliah, hitung biaya hidup yang terdiri dari asuransi kesehatan di luar negeri, kegiatan kampus, dan liburan.
  • Kalkulasi anggaran anda. Hitung setiap masuk dan keluar di rekening bank Anda dan pastikan Anda dapat mencadangkan cukup dana.
  • Dan masih banyak lagi

Hal-hal diatas sangatlah penting untuk dilakukan, karena ini menyangkut dengan kehidupan anak-anak anda di masa depan. Jangan biarkan, penghitungan yang salah akan membuahkan hasil yang mengecewakan dikemudian harinya. Jadi rancang baik-baik program Perencanaan Pendidikan Anak anda.